rss

05 November 2008

Mesin pencari/search engine

Internet merupakan gudang segala jenis informasi yang tidak terbatas. Beragam informasi disimpan di internet. Informasi yang begitu lengkap dan sangat banyak memeberi keuntungan, sehingga kita bisa mendapatkan informasi apapun yang kita butuhkan. Namun di satu sisi, beragamnya informasi dalam jumlah yang sangat banyak memberi kesulitan dalam mencari halaman tertentu.

Untuk memecahkan masalah tersebut, dibuatlah program untuk memudahkan kita mencari halaman di internet. Program tesebut dikenal dengan nama mesin pencari/ search engine.

MESIIN PENCARI

Mesin pencari adalah sebuah program yang digunakan sebagai alat Bantu untuk mencari informasi di internet. Mesin pencari mempunyai sebuah database yang memuat semua item yang terdapat di internet dan halaman-halaman web yang menyimpan informasi yang berhubungan dengan item-item tersebut.

Mesin pencari mempunyai metode pencarian tertentu yang sering disebut alogaritma pencarian. Kecepatan dan ketepatan pencarian sebuah mesin pencari sangat tergantung kepada cara pengindex-an dan alogaritma pencarian yang digunakan.

Umumnya, struktur dasar sebuah mesin pencari adalh sebagai berikut.

1. kotak teks pencarian digunakan sebagai tempat untuk memasukan kata kunci yang akan dijadikan sebagai acuan pencarian
2. tombol pencarian utuk menjalankan perintah pencarian.

Informasi di internet setiap saat akan terus berubah dan bertambah. Oleh karena itu sebuah mesin pencari harus terus memperbaharui database yang dimilikinya. Untuk melakukan hal ini mesin pencari dilengkapi sebuah program yang berjalan seperti robot. Disebut robot karena dia dapat bekerja sendiri tanpa harus dijalankan atau diperintahkan terlebih dahulu.program tersebut disebut dengan spider, bot, atau crawler. Setiap selang waktu tertentu, program “robot”tersebut akan menjelajahi intrnet, membaca dokumen-dokumen yang ada di internet, meringkasnya, dan kemiudia menyimpan di database dengan menggunakan system pengindex-an.

Ada beberapa kriteria yang bisa dgunakan untuk menentukan sebuah mesin pencari yang bagus dan handal, yaitu :

1. mempunyai database yang besar dan sering diperbaharui.
2. tidak memiliki spam dan memberikan hasil pencarian yang relevan.
3. mempunyai kecerdasan buatan yang baik, sehigga mengerti dan dapat memperkirakan apa yang dicari oleh penggunanya.

Selain itu kita perlu mengetahui cara kerja mesin pencari yang digunakan, sehingga kita bisa mengeksploitasi kelebihan mesin pencari tersebut. Saat ini ada banyak website yang menyediakan mesin pencari. Berikut adalah beberapa mesin pencari yang dikenal dan banyak digunakan.

1. google (www.google.com)

google berdiri pada tahun 1998. website ini didirikan oleh dua orang bersahabat dari Stanford university. Kelebihan utama google adalah mudah digunakan, layout yang ringkas, cepat, dapat memperkirakan apa yang pengguna cari, dan mempunyai fasilitas untuk mencari website yang sudah hilang. Saat ini google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan. google mempunyai database yang besar, ditambah lagi google membagi database dengan mesin pencari lain, seperti yahoo. artinya, jika kata yang kita cari tidak ada di database google, pencarian akan dilakukan di database yahoo. Google juga mempunyai fasilitas pencarian menggunakan bahasa Indonesia

2. yahoo (www.yahoo.com)

yahoo adalah mesin pencari yang menggunakan index direktori. Yahoo berasal dari koleksi pribadi jerry yang. Kelebihan yahoo adalah mempunyai database yang besar dan membagi databasenya dengan google. Jika kata yang dicari tidak terdapat di yahoo, pencarian akan dilakukan di database google. Kelebihan lain adalah semua webmaster ingin agar website mereka tersaftar di index yahoo. Dengan kata lain, database yahoo memuat semua daftar halaman web.

3. altavista (www.altavista.com)

altavista merupakan mesin pencari yang didirikan oleh digital corp. altavista mempunyai kelebihan dalam pencarian canggih (anvanced search) dengan menggunakan operator Boolean AND, OR,(), NOT, NEAR, “, dan *. Kelebihan ini akan mempermudah kita untuk mencari informasi yang lebih spesifik.

4. liycos (www.lycos.com)

lycos dibuat di Carnegie mellon university pada mei 1994. lycos merupakan mesin pencari yang tertua. Lycos mempunai kelebihan, yaitu mudah digunakan. Lycos mudah menemukan website yang terdapat di tripod.com

google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia, yakni sekitar 29,5% pengguna, kemudian diikuti oleh yahoo sekitar 28,9% pengguna. Tempat ketiga adalah MSN yang digunakan oleh sekitar 27,6% pengguna. Altavista berada di posisi ke enam dengan presentase pengguna sekitar 4%. Dan lycos berada di posisi ke tujuh dengan presentase pengguna sekitar 2%.

Mesin Pencari Google

Google merupakan mesin pencari yang mempunyai kemampuan untuk melakukan pencarian super cepat. Hal inidisebabkan google menggunakan perangkat keras dan dukungan perangkat lunak yang canggih. Google mempunyai alogaritma pencarian yang sangat efisien, yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer mesin pencari. Jaringan komputer dan alogaritma mesin pencari tersebut berhasil membangun sebuah mesin pencaari yang sangat cepat.

Mesin pencari google mempunyai sebuah system yang bekerja untuk mengurutkan halaman web yang disebut dengan PageRank. System tersebut dikembangkan oleh pendiri google : Larry Page dan Sergei Brin di universitas Stanford.google memberikan hasil pencarian yang cepat dan relevan. Google mempunyai system yang dapat mengatur hasil pencarian dari sekian banyak informasi yang ditemukan di internet.google memungkinkan kita mencari lebih dari 1 juta alamat URL di internet.

Google menyimpan banyak halaman web di chace ( halaman tersimpan) yang dimilikinya. Apabila kita gagal menghubungi server halaman web yang berasangkutan secara temporary, kita dapat menampilkan halaman web ang terdapat di chache goole. Namun, kelemahannya, informasi di halaman web yang disimpan di chache google sering kali tidak up to date.

Selain dukungan fasilitas-fasilitas tersebut, google juga dilengkapi dengan layanan pencarian dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Layanan google dalam bahasa Indonesia dapat diakses dengan alamat URL www.google.co.id

5 komentar:

Kartu-Pulsaku.com Solusi Bisnis Online Anda on 6 November 2009 pukul 15.29 mengatakan...

makasih banyak sharingnya sob

Bismillah Slamet on 6 November 2009 pukul 15.31 mengatakan...

jangan lupa mampir dan kasih masukkan yaa di postinganku Kartu-Pulsaku.com Solusi Bisnis Online Anda
thanks

forex jakarta on 25 Agustus 2013 pukul 01.14 mengatakan...

Mantap bro sharingnya...

IB FBS Indonesia on 25 Agustus 2013 pukul 01.16 mengatakan...

Saat ini search engine sudah berkembang amat pesat

hipnotis surabaya on 6 September 2013 pukul 16.25 mengatakan...

wah,ini page ane lihat sejak dulu... awal kali belajar internet :)


Posting Komentar

Coretan Pelajar

HOME

Translate This Page to The Following Language

 

link teman

coretan pelajar
==-A-==
anton nyoto
adi
ade fahrizal
azwar
adsens man
Antivirus Info
faisal
==-B-==
belajar SEO
blogger pengembara
budiwastono
==-C-==
==-D-==
==-E-==
erge
enduro
esa
==-F-==
fatamorgana
frizzy
==-G-==
game zone
==-H-==
hangganuarta
hanya info
hydir
==-I-==
IHPFILM
indra agustian
==-J-==
johanas
==-K-==
kumpulanbisnis
kun
==-L-==
link exchange
==-M-==
maya
maman
melandri
==-N-==
==-O-==
==-P-==
==-Q-==
==-R-==
roomen
remba
rohman
==-S-==
siais
swara unib
==-T-==
tengku nauf
==-U-==
==-V-==
==-W-==
wandi news
wawan
==-X-==
==-Y-==
yogastio
==-Z-==

recent comment

Pengikut