rss

12 Desember 2008

tentang google


anda semua pasti tahu google bukan?? Pernahkah anda mampir ke situs mesin pencari google.com?? tahukah anda berapa kekayaan google saat ini?? Kekayaannya dari saham saja kini bernilai 33 milyar US dollar, namun tahukah anda dari mana asal uang tersebut?? Pada awalnya google dikenal sebagai mesin pencari saja, namun saat ini bisnis mereka bukan saja hanya pada mesin pencari, tetapi menggurita menjadi berbagai aplikasi yang mendominasi DUNIA layaknya Microsoft mendominasi dunia PC. Apakah situs ini berdiri begitu saja dengan saham yang besar? Tentunya mereka, yaitu para pendirinya menempuh perjalanan panjang hingga menjadi tambang dollar yang tak kunjung surut.



Google pada awalnya lahir dari sebuah pertemuan tanpa disengaja dari Larry Page (saat ini menjabat sebagai President of Products Google) dan Sergey Brin (President of Technology Google) di universitas Stanford California. Page dan Brin yang waktu itu sama-sama masih berstatus mahasiswa program studi doctoral kebetulan ditempatkan di ruang kerja Room Gates 360 W.Gates Dept. computer science, universitas Stanford yang tidak lain menyandang nama donatur pemberi dana ‘sumbangan pembangunan gedung’ : Bill Gates sang pendiri Microsoft.



Pada bulan januari 1996 lary dan sergey mulai melakukan kerja sama dalam membuat sebuah mesin pencari (searc engine) yang saat itu diberi nama BackRub. Kemudian pada taun 1998, teknologi mesin pencari tersebut terus disempurnakan, hingga akhirnya keduanya sepakat untuk mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan toknologi yang mereka buat tersebut.

Suntikan dana akhirnya datang dari teman sekampusnya yang sekaligus pendiri sun microsystem, andy bechtolsheim. Sebuah cek benilai 100 ribu dolar AS, yang uniknya dalam cek tertulis atas nama google yang bahkan pada saat itu belum didirikan oleh sergey dan larry.

Larry dan sergey sebelumnya pernah menawarkan kemungkinan kerja sama dengan AltaVista, namun ditolak dengan alasan perusahaan induk AltaVista yaitu Digital Equipment Corp tidak suka bergantung pada orang dari luar perusahaan. Kemudian investor di silicon valley, Michael Moritz (Sequa Capital) dan jhon Doer (kleiner Perkins) yang saling berkompetisi saat itu akhirnya bisa diyakinkan untuk menyuntik modal senilai 12,5 juta dolar AS ke perusahaan google yang pada 7 desember 1998 resmi didirikan .

Kantor pertama google adalah sebuah ruang garasi rumah teman mereka di Menlo Park, California. Pada tahun 1999, kemudian google pindah ke sebuah kantor di 165 university Ace Palo Alto California sebelum akhirnya pindah ke sebuah tempat yang biasa disebut dengan googleplex pada akhir tahun tersebut.

Larry dan sergey terus menjalankan mesin pencari google hingga tahun 2001 hingga mereka merekrut Eic E. Schmidt untuk menjadi ketua umum dan CEO google hingga saat ini.



Di tangan Eic E. Schmidt, google kini menjadi perusahaan yang paling berpengaruh di internet, salah satunya dikarnakan situs penyedia layanan blog gratis yaitu blogger.com sudah dikuasai oleh mereka. Googleplex campus di mountain view, California menjadi tempat kerja yang sangat nyaman karena dilengkapi sarana dan prasarana yang lengkap seperti kolam renang, bar, billiard room, futsal voli pantai, makanan gratis, dan minuman kesehatan Cuma-Cuma. Dan cemilan yang melimpah.

Belum lagi suasana kerja yang rileks karena karyawan google diperbolehkan hanya mengenakan kaus dan celana jeans sewaktu mereka bekerja, sehingga apabila kita datang ke googleplex dan melihat seseorang yang mengenakan pakaian resmi, dapat dipastikan dia adalah seorang tamu. Yang menarik lagi, google menerapkan sebuah system dimana karyawan diberikan 20% dari wakru kerja mereka untuk bebas mengerjakan apa yang diminatinya (satu minggu sehari). Ini menyebabkan kreativitas karyawan meningkat. Google sangat peduli pada sumber daya manusia yang mereka miliki.



Google membuktikan betapa hebatnya bisnis google saat ini, yang ditunjukan dengan adanya persaingan google dengan persahaan raksaa seperti Microsoft. Sehingga raksasa seperti Microsoft yang sudah berusa 25 tahun lebih menerapkan berbagai strategi untuk bersaing dengan google. Ini terlihat nyata dengan rencana akuisi terhadap Yahoo.com oleh Microsoft baru-baru ini, meskipun akirnya kandas.

Di balik itu, google juga melakukan pekerjaan filantropis (social) dengan mendirikan google.org yang diketuai oleh Dr. Larry Brilliant. Misi dari organisasi sosial ini adalah membantu kamp

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Memang, Google sekarang mendominasi dunia maya. Buktinya, PR yang menentukan sebuah blog boleh mengikuti bisnis PaidReview ya cuma Google PageRank..

Putu Hadi on 15 Desember 2008 pukul 00.28 mengatakan...

Betul banget, kayanya GOOGLE akan menguasai informasi, udah tau belum blog kepunyaan si Sergey?

Anonim mengatakan...

google keknya masih menjadi raja search engine deh


Posting Komentar

Coretan Pelajar

HOME

Translate This Page to The Following Language

 

link teman

coretan pelajar
==-A-==
anton nyoto
adi
ade fahrizal
azwar
adsens man
Antivirus Info
faisal
==-B-==
belajar SEO
blogger pengembara
budiwastono
==-C-==
==-D-==
==-E-==
erge
enduro
esa
==-F-==
fatamorgana
frizzy
==-G-==
game zone
==-H-==
hangganuarta
hanya info
hydir
==-I-==
IHPFILM
indra agustian
==-J-==
johanas
==-K-==
kumpulanbisnis
kun
==-L-==
link exchange
==-M-==
maya
maman
melandri
==-N-==
==-O-==
==-P-==
==-Q-==
==-R-==
roomen
remba
rohman
==-S-==
siais
swara unib
==-T-==
tengku nauf
==-U-==
==-V-==
==-W-==
wandi news
wawan
==-X-==
==-Y-==
yogastio
==-Z-==

recent comment

Pengikut