mungkin berita ini sudah basi bagi sebagian orang, tapi pada posting kali ini, saya mengusung tema “demam facebook” akan menguak seluk-beluk facebook.
Facebook, Semua orang membicarakannya. Semua orang tergila-gila padanya, walaupun di sebagian kantor-kantor yang menyediakan layanan internet sudah memblokirnya, namun semangat ber-facebook tak kunjung surut.
bahkan, seperti yang diberitakan kompas 25 februari 2009 Demam Facebook rupanya membuat orang bisa berbuat nekat. Seperti yang terjadi di Bradenton, Florida, Amerika Serikat. Hanya demi mengecek akun Facebook miliknya, seorang pria berusia 19 tahun yang tidak disebutkan identitasnya merampas sebuah laptop milik seorang pelanggan kedai kopi Starbucks.
memangnya apa itu facebook??
Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada tanggal 4 Pebruari 2004. Penemunya adalah Mark Zuckerberg seorang mahasiswa Harvard College yang (pada saat itu) digunakan sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard. ternyata situs jejaring sosial tersebut diminati mahasiswa kampus lainnya, sehingga, baru 4 bulan berdiri Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya. tidak lama setelah itu, setelah situs ini bergejolak dan mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar.dan Zuckerberg pun menolaknya.
Selain menolak tawaran dari Friendster, Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar. dalam keterangan di majalah Forbes,situs facebook ini pun mampu membawa pembuatnya, Zurkerberg ada pada urutan 785 dalam daftar orang - orang terkaya dunia yang kira-kira kekayaannya setara dengan Oprah Winfrey. dari mana kekayaannya? Beberapa orang berargumen bahwa ia memiliki kekayaan lebih dari $1.5 milyar karena ia menginvestasikan $240 juta dollar saat Microsoft membeli 1.6% saham Facebook pada tahun 2007. Dengan investasi Microsoft, kapitalisasi pasar Facebook kira-kira $15 milyar. Mark memiliki 30% saham perusahaan, yang membuatnya seharusnya memiliki tidak kurang dari $5 milyar secara nilai.
Orang memanfaatkan Facebook untuk berbagai kepentingan. Ada yang menggunakan untuk chatting, ajang silaturahmi, mencari teman lama bahkan untuk ajang kampanye. Facebook kian melambung ketika Barack Obama, yang saat itu masih Capres AS, menggunakan Facebook untuk berkampanaye. Lewat ajang Facebook tercatat ada 5.338.731 orang yang menjadi sahabat Obama. Dan ternyata, situs yang saat ini menduduki peringkat ke-5 paling banyak dikunjungi netter ini mampu mengantarkan Barack Obama menduduki kursi Presiden AS. sungguh luar biasa bukan ??
Mengapa Facebook begitu fenomenal dan sangat diminati ? Facebook menawarkan hampir semua jasa yang disediakan berbagai situs. Pengakses situs ini bisa menjalin pertemanan, bergabung ke grup atau komunitas sosial, mengirim surat elektronik, chatting, bermain online game, serta mengunggah video dan foto. fitur-fitur inilah yang paling besar memancing pemakai baru. Facebook tak sekadar menyediakan jasa mengunggah foto, tapi juga menawarkan fitur tag atau menandai orang-orang yang ada di foto itu.
selain itu, fitur wall(dinding komentar) marupakan tempat yang praktis untuk saling menyapa. Beberapa pengguna juga bisa menjadi penulis blog di Facebook dalam bentuk Notes. Sebagai jejaring sosial, Facebook selalu dinamis dan mementingkan pertemanan para pengguna di dalamnya. Selain itu, Facebook ditambah dua hal mengasyikkan: desain halaman Web yang elegan dan aplikasi yang cerdas.
Jadi tidak heran jika banyak orang yang terkena demam Facebook. Disela kesibukan orang-orang, maka munculnya Facebook dengan segala kemudahannya berhasil menjembatani kebutuhan manusia untuk tetap berinteraksi dengan orang lain. Apalagi kalau bisa menjalin kembali silaturahmi dengan teman lama yang telah sekian puluh tahun "kehilangan jejaknya".