rss

28 Oktober 2010

Shalat itu Sehat

shalat2.jpg


Shalat adalah tiang agama, siapa yang mengerjakannya maka dia telah mendirikan agama dan siapa yang melalaikannya maka dia telah meruntuhkan agama. Mungkin teman-teman semua sudah sering mendengar kalimat tersebut, tetapi mungkin juga diantara teman-teman semua ada yang masih melalaikan tiang agama tersebut. Nah, semoga postingan kali ini bisa menjadi bahan renungan dan introspeksi diri teman-teman dan saya sendiri.


Tahukah teman-teman?? Bahwa ternyata sangat banyak keistimewaan dan keutamaan shalat yang kita pandang sebagai kewajiban saja. Tetapi teman, biasakannlah shalat menjadi suatu KEBUTUHAN, bukan hanya sebagai KEWAJIBAN. Suatu ketika nabi Muhammad SAW ditanya oleh sahabat, apakah amalan yang paling utama dalam shalat dan nabi menjawab "shalat pada waktunya". shalat merupakan rukun Islam setelah syahadat yang juga merupakan amalan yang akan di hisab(dihitung) paling pertama di akhirat, begitulah bunyi sebuah hadis. shalat merupakan ibadah yang diperintahkan Allah SWT kepada nabi Muhammad tanpa perantara. dan teman, shalat juga merupakan ibadah yang tidak bisa digantikan, coba kita lihat ibadah yang lain, puasa dapat diganti bila berhalangan, naik haji dikerjakan bila mampu, kita membayar zakat sesuai dengan kemampua kita. Berbeda dengan shalat, bagaimanapun keadaan kita, shalat itu tetap WAJIB hukumnya.


Selain sekian banyak keistimewan dan keutamaan shalat, secara medis pun para ahli di bidangnya telah mengakui bahwa SHALAT ITU SEHAT. maka dari itu, dirikanlah shalat. Pada postingan kali ini saya akan mengkhususkan topik tentang efek gerakan shalat pada tubuh kita secara medis.


Takbiratul Ihram


images.jpg


Berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga, lalu melipatya di depan perut atau dada bagian bawah, gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, getah bening(limfe), dan melatih otot lengan. saat takbir ketika kita hendak rukuk, ketuka bangkit dari rukuk,dan saat bangkit dari sujud, kita juga mengangkat tangan, ini bermanfaat memberikan aliran darah dari pembuluh balik yang terdapat di lengan untuk dialirkan ke bagian otak pengatur keseimbangan tubuh


Ruku'


images (3).jpg


Ruku' yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus . Posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Gerakan ini bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi serta fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat saraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi untuk merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah sarana latihan bagi kemih sehingga gangguan prostate dapat dicegah.


I'tidal


images (2).jpg


Bangun dari ruku', tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi telinga. pada saat ini darah dari kepala akan turun ke bawah, sehigga bagian pangkal otak yang mengatur keseimbangan akan berkurang tekanan darahnya, dapat menjaga keseimbangan tubuh.


Sujud


shalat2.jpg


Sujud merupakan gerak shalat yang sarat akan makna, merupakan posisi dimana kita dekat dengan Allah dan posisi dimana doa akan lebih dikabulkan. meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai. Posisi sujud berguna untuk memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak. Posis jantung di atas otak menyebabkan daerah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan sujud dengan tuma'ninah, tidak tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Posisi seperti ini menghindarkan seseorang dari gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik ruku' maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.


Duduk Antara Dua Sujud


Duduk setelah sujud terdiri dari dua macam yaitu iftirosy (tahiyat awal) dan tawarru' (tahiyat akhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki. pada saat iftirosy, tubuh bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan saraf nervus Ischiadius. Posisi ini mampu menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarru' sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (uretra), kelenjar kelamin pria (prostate) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan dengan benar, posisi seperti ini mampu mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarru' menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.


Salam


Gerakan memutar kepala ke kanan dank e kiri secara maksimal. Salam bermanfaat untuk bermanfaat untuk merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala sehingga mencegah sakit kepala serta menjaga kekencangan kulit wajah.


Subhanallah. . . ..


Allah maha mengetahui apa yang kita butuhkan, semua perintah dan ciptaannya mengandung makna yang otak manusia pun tidak mampu untuk meghitungnya. shalat menjaga kita dari perbuatan yang tidak baik, sholat juga ternyata terbukti membuat kita mejadi sehat. oleh karena itu hendaklah kita mengerjakan shalat.


semoga bermanfaat.

9 komentar:

Asis Sugianto on 28 Oktober 2010 pukul 17.56 mengatakan...

Selain sehat, shalat juga kewajiban bagi kita sebagai ummat muslim....

Puguh DP on 29 Oktober 2010 pukul 12.07 mengatakan...

Subhanalloh .. artikel yg sangat menarik & bermanfaat kawan ..

xDboys on 29 Oktober 2010 pukul 13.03 mengatakan...

andaikan semua orang tau ini
pasti banyak yang tidak meninggalkan sholat

safrudin on 29 Oktober 2010 pukul 19.49 mengatakan...

Setuju sob,kalau kita sering sholat selain sehat rohani juga sehat jasmani

sibutiz on 30 Oktober 2010 pukul 07.18 mengatakan...

nice post sob...
shalat juga merupakan olahraga bagi kita....

Unknown on 30 Oktober 2010 pukul 08.35 mengatakan...

betul sekali...

Urang Lembur on 31 Oktober 2010 pukul 08.24 mengatakan...

Shalat adalah kewajiban bagi umat Islam, memang didalam shalat itu banyak gerakan yang bermanfaat bagi tubuh kita, tapi tetap niat kita shalat untuk melaksanakan kewajiban terhadap Allah SWT jangan sampai niat kita shalat untuk olah raga....

AZ on 3 November 2010 pukul 23.11 mengatakan...

Ini buktinya kalau kewajiban itu dilaksanakan pasti ada kelebihan2 yang kita dapatkan.... sehat itu salah satu nikmat yang kita terima setiap hari,yang baru kita sadar saat kita sakit....

faridnyzer on 31 Maret 2011 pukul 09.49 mengatakan...

allah menyuruh kita untuk shalat bukan hanya untuk amalan akhirat saja tapi juga manfaatnya di dunia ini.. nice info sob


Posting Komentar

Coretan Pelajar

HOME

Translate This Page to The Following Language

 

link teman

coretan pelajar
==-A-==
anton nyoto
adi
ade fahrizal
azwar
adsens man
Antivirus Info
faisal
==-B-==
belajar SEO
blogger pengembara
budiwastono
==-C-==
==-D-==
==-E-==
erge
enduro
esa
==-F-==
fatamorgana
frizzy
==-G-==
game zone
==-H-==
hangganuarta
hanya info
hydir
==-I-==
IHPFILM
indra agustian
==-J-==
johanas
==-K-==
kumpulanbisnis
kun
==-L-==
link exchange
==-M-==
maya
maman
melandri
==-N-==
==-O-==
==-P-==
==-Q-==
==-R-==
roomen
remba
rohman
==-S-==
siais
swara unib
==-T-==
tengku nauf
==-U-==
==-V-==
==-W-==
wandi news
wawan
==-X-==
==-Y-==
yogastio
==-Z-==

recent comment

Pengikut