rss

18 Januari 2009

blogging offline

Ada banyak cara untuk ngeblog. Dianaranya dengan cara online atau secara langsung mengetikan materi post kamu di layanan weblog hosting. Namun, yang paling menarik adalah menulis blog secara offline.

Dengan ngeblog secara offline, kamu bebas menyiapkan materi post kamu tanpa terbebani oleh tagihan internet(atau dengan kata lain “praktis, ekonomis, berkumis”). selain kamu bisa mempersiapkan posting kamu secara matang sebelum kamu mempublikasikannya secara online, software untuk blogging offline ini pun disediakan gratis.

Kini aktivitas bogging kamu pun dapat bejalan dengan lebih ekonomis namun tetap menyenangkan karena segala fasilitas untuk mempercantik dan melengkapi materi pos kamu, seperti halnya ketika kamu menuliskan materi blog secara online.



Ada beberapa software yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas blogging online ini dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing:

1. Windows Live Writer

Windows live writer (wlw) adalah aplikasi keluaran Microsoft yang dapat kamu jadikan pilihan untuk menemani aktivitas blogging offline kamu. Selain software ini memiliki banyak kesamaan seperti aplikasi office yang familiar buat kamu, wlw ini memiliki beberapa Fitur yang patut kamu pertimbangkan antara lain kompatibilitas dengan beberapa platform blog, rich text formatting, draft saving dan kategorisasi posting, memasukkan gambar dan tag, spell checking, ping search engine otomatis dan sinkronisasi perubahan draft pada editor dengan blog. Fitur lebihnya antara lain adalah fitur seperti memasukkan peta dan video dan halaman preview sebelum posting. Kelebihan lainnnya adalah mendukung 28 bahasa lain selain bahasa inggris.

Wlw bisa kamu download di http://get.live.com/writer/overview


2. blog desk

Kelebihan blogdesk adalah Smartupload, ini adalah feature blogdesk yg akan membantumu memasukkan media plugin seperti file MP3 dan Flash ke dalam posting kamu. Biasanya saat ingin memasukkan file file mp3 dan flash, kamu harus menulis kode HTML yg kompleks
Namun berkat fitur ini kamu bisa dengan mudah melakukannya. Fitur ini akan mengupload filemu dan langsung menulis kode HTML ke dalam postingmu. Aplikasi ini ada pada versi bahasa inggris, jerman, dan spanyol dan mendukung banyak platform blog

Blog desk bisa kamu download gratis di http://blogdesk.org/en/index.htm.

3. zoundry raven

Aplikasi ini memudahkan kamu untuk mengatur account blog kamu. kamu tinggal memberikan url blog kamu dan kemudian zoundry akan menentukan dimana platform blog dan setting API pada blog tersebut. kamu juga bisa mendownload hingga 500 entri blog ke komputer kamu sehingga bisa berfungsi sebagai backup blog.
Editor ini memiliki interface WYSIWYG(what you see is what you get) dan HTML, dan juga kamu dapat menemukan banyak pilihan format toolbar. Setting kategori posting dan tag untuk technorati juga didukung. Selain itu ada juga spell checker dan translator bahasa. Fitur lainnya adalah kamu bisa menambahkan link afiliasi pada posting blog kamu dan menghasilkan komisi ketika siapapun membeli melalui link tersebut. Zoundry ini juga memiliki toolbar browser untuk firefox dan internet explorer dengan fitur “blog this” dan link dimana kamu bisa sharing rekomendasi produk kamu melalui email atau halaman jaringan sosial, selain itu kamu juga bisa mendapatkan potongan diskon belanja dengan toolbar ini.

Zoundry raven bisa kamu download di http://zoundry.com/download.html

4. w. bloggar

Aplikasi editor blog ini tersedia pada bahasa inggris, perancis, jerman, portugis dan spanyol. Aplikasi ini juga mendukung sejumlah platform blog seperti blogger, movable type, typepad, drupal, wordpress, live journal dan lain sebagainya. Kamu bisa mengirim ping posting Kamu melalui weblogs, blo.gs, technorati, dan ping-o-matic.
Mengkonfigurasi w.Bloggar pada blog Kamu terutama blog dari blogger mungkin bisa menyusahkan tentunya jika Kamu tidak terlalu paham teknologi. Meskipun begitu, Kamu bisa mencari saran dan tutorial yang ditulis oleh pengguna w.bloggar pada halaman web-nya.
w.Bloggar ini memiliki banyak pilihan formatting, mendukung banyak akun blog, memiliki fitur spell check dan kategorisasi dan banyak lagi. Kamu bisa mengeset FTP untuk mengupload file dan gambar. Editor ini memiliki mode html dan Kamu bisa melihat kode tersebut pada posting kamu. Hal ini mungkin sedikit membingungkan untuk blogger baru tapi mode preview yang disediakan bisa cukup membantu. Kelebihan w.bloggar ini adalah kecepatan mempublikasikan posting yang cukup cepat.

W bloggar bisa kamu doenload di http://wbloggar.com/

5. Thingamablog

Editor blog open source dan feed reader ini dikombinasikan dalam satu aplikasi desktop dan berjalan independen. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk posting pada blog FTP dan SFTP. Selain itu thingamablog juga menyediakan beberapa template blog yang bisa Kamu gunakan jika ingin membuat blog baru. Mengkonfigurasi Thingamablog untuk pertama kali dapat merepotkan buat pemula. Tetapi jika kamu mau ke situs thingamablog ini, banyak tutorial bagus yang bisa Kamu ikuti.
Editor posting thingamablog ini memiliki hampir semua pilihan formatting dasar dengan spell checker. Kamu dapat melihat preview posting kamu pada WYSIWYG atau mode HTML. Gambar-gambar tersebut dapat di-upload dari komputer atau kamu bisa memberi link gambar online tersebut.
Thingamablog itu membutuhkan Java Virtual Machine untuk di-instalasikan pada komputer Kamu.

Thingamablog bisa kamu download di http://thingamablog.sourceforge.net

6. ScribeFire

Addon populer firefox untuk editor blog ini dapat membantu Kamu untuk posting blog langsung dari browser firefox. Setelah instalasi scribefire, Kamu akan melihat notepad kecil seperti icon pada status bar firefox. Kamu bisa mengkliknya untuk membuka editor scribefire ini pada halaman aktif firefox. Editor ini membutuhkan hampir setengah ruang screen. Jika kamu mengklik icon scribefire ini Kamu bisa memilih untuk membuka editor tersebut pada new tab atau window terpisah. ScribeFire ini cukup nyaman sehingga Kamu tidak perlu menginstal program berat dan cukup membuka editor pada browser kamu dengan mudah. Fiturnya antara lain rich text formatting, editing halaman HTML dan pilihan preview posting Kamu sebelum mempublikasikannya. Kamu juga bisa mengkategorisasikan post Kamu, memasukkan tag technorati dan mengakses halaman del.icio.us dari halaman scribefire. ScribeFire ini kompatibel dengan banyak program blog seperti wordpress, blogger, typepad, drupal, textpattern, MetaWeblog dan lain sebagainya. Scribe fire juga memugkinkan kamu untuk memasukan video dari youtube tanpa arus meng copy kan urlnya, jadi ya... dengan kata lain mempermudah kita blogging(ga ribet gitu)

ScribeFire bisa kamu download di http://www.scribefire.com

7. Qumana

Qumana ini memiliki satu fitur dimana blog editor tidak memilikinya, yaitu Q ads yang terintegrasi dengan editor blog. Jika Kamu menulis posting pada editor blog Kamu, Kamu bisa memasukkan iklan dari editor blog itu sendiri. Kamu bisa memilih tipe iklan yang tampil dengan kata kunci spesifik yang Kamu pilih. Sayangnya Q ads ini tidak menampilkan banyak iklan untuk ditampilkan. Meskipun begitu, Qumana ini memiliki semua yang diperlukan oleh editor blog yang bagus seperti rich text formatting, multiple blog accounts, memasukkan tag dan kategori, download recent post, memasukkan video dan lain sebagainya. Editor ini sangat ringan, artinya tidak memerlukan terlalu banyak resource dan ruang di komputer Kamu dan selain itu ada fitur bernama DropPad, clipboard kecil seperti utiliti untuk drag and drop teks, link dan gambar. Kamu cukup dobel klik pada DropPad untuk membuka editor blog ini.

Qumana bisa kamu download di http://www.qumana.com/download.htm.

8. Flock

Flock memiliki aplikasi editor blog yang dapat bekerja pada platform blogging seperti blogger, blogsome, livejournal, typepad, wordpress, xanga dan berbagai platform hosting blog lainnya. kamu juga bisa mengkonfigurasi banyak akun blog pada flock.
kamu bisa menggunakan klipboard web flock untuk mengkoleksi snippet ketika surfing web dan menambahkan gambar dari akun flickr atau photobucket atau mengupload gambar dari komputer. Flock juga memiliki uploader cepat yang bisa kamu gunakan untuk mengupload file pada web.
Editor flock memiliki fitur formatting dan kamu dibatasi pada beberapa jenis font dan ukurannya. Disini kamu tidak akan menemukan tombol “insert table” atau “strikethrough”. Meskipun kamu bisa memberi tag pada posting kamu, kamu tidak bisa mengkategorisasikannya.

Flock bisa kamu download di http://flock.com/

9. Post2Blog

Aplikasi ini sangat ringan dan memiliki fitur bagus yang ditawarkan. Bar formattingnya memilik banyak pilihan sehingga kamu bisa memasukkan smileys, strike texts dan menambahkan musik. Selain itu ada juga pilihan untuk menambahkan iklan dari amazon pada posting kamu. Fitur lainnya antara lain technorati tag atau area pinging. Post2Blog juga memiliki integrasi bagus dengan RSS reader seperti RSS bandit dan sharp reader. kamu bisa mengupload gambar bersamaan dengan posting kamu pada flickr, imageshack atau situs FTP lain yang kamu pilih. kamu bisa mendownloa posting terbaru dan membuat file PDF dari posting tersebut jika kamu mau.
Post2Blog ini memiliki add-on firefox dan IE dan juga toolbar MS Word sehingga kamu bisa posting langsung dari tempat-tempat tersebut. kamu bisa mengekspor file-file post2blog dan mengaturnya pada berbagai device portabel. Fitur yang tidak bisa ditemukan adalah memasukkan kategori posting.
Post2blog ini mendukung platform blog seperti blogger, wordpress, typepad, movabletype, livejournal, dan blogware.

Post2Blog bisa kamu download di http://www.bytescout.com/post2blog.html

10. Blezzer

Aplikasi ini mendukung berbagai platform blog seperti blogger, movable type, wordpress, drupal dan lain sebagainya, selain itu aplikasi ini bekerja dengan baik pada sistem windows, mac dan linux. Tool wysiwyg disini memiliki hampir semua pilihan dasar, spell checker, dukungan technorati dan tag del.icio.us, kategori posting dan layanan ping. kamu bisa mengupload gambar kamu menggunakan fitur “upload file” dan mengesetnya untuk situs FTP. Kelebihan bleezer ini adalah keringanan programnya sehingga tidak membebani komputer terlalu berat, cocok jika kamu menggunakan komputer-komputer lama.

Blezzer bisa kamu download di http://larryborsato.com/bleezer/

Nah, semuanya udah dijelasi satu-satu..... sekarang terserah kamu mau pilih yang mana, semuanya memiliki keebihannya masing-masing(yaeyalah, kalau yang ada Cuma kekurangan siapa yang mau pake??) softrware mana yang kamu pilih?? kamu bisa share dengan ngasih comment di bawah


21 komentar:

Arif.Ust on 20 Januari 2009 19.00 mengatakan...

Kunjungan Pertama Blog Regedit, Artikelnya bagus apalagi kata-katanya menarik menambah wawasan dan pengalaman saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. O iya… Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya ya hari ini saya baru posting artikel tolong komentarnya dan komentar teman berkaitan dengan artikelnya ya. Ini alamatnya : http://regedit.blog.telkomspeedy.com/2009/01/21/peluang-bisnis-surfing/ terima kasih banyak

~gRifFinDoR~ on 25 Januari 2009 23.51 mengatakan...

hi,,kunjungan,,blik,,mampir,,nieh,,sering2,,mampir,,ke rumahku,,ya

Husaini on 26 Januari 2009 00.13 mengatakan...

wah...banyak juga ya software yg buat posting blog""jdi enak ya, bisa menghemat waktu, biaya, hehe..terimakasih banyak ya..info'y sangat membantu...

Digital Baca : on 28 Januari 2009 23.29 mengatakan...

Rasanya ingin milih semua .... tapi apa daya waktu yang membatasi he.. he...
yang jelas postingnya mantabs...
Kayaknya aku rajin main2 kesini, nahhh untuk memudahkannya (sory ya) aku pasang link blog ini di blogku.

job on 28 Januari 2009 23.49 mengatakan...

wah bisa juga begini ya. comment disamping. keren

gloria on 29 Januari 2009 01.15 mengatakan...

salam kenal :)

Ide Gokil on 18 Februari 2009 08.39 mengatakan...

berkunjung malm hari

JChan on 20 Februari 2009 15.50 mengatakan...

Kalo gw pilih windows live writer aja de

Budi Wastono Blog on 23 Februari 2009 20.53 mengatakan...

kalo saya mah gak usah pake sofware, saya mah ngetik aja di rumah (offline juga kan dan gak dikejar tagihan internet) terus kalo dah jadi tulisannya bru deh di post secara online, he2

rayhan on 24 Februari 2009 01.34 mengatakan...

@budi wastono
Sebelum tahu software ini, saya juga ngetik dulu di m.s word. Baru di copy-paste lewat blogger scara manual.

Tapi, saya rasakan cara itu tidak efektif.
Makanya saya pake software biar lebih praktis dan otomatis.

Terimakasih atas tanggapannya.

Sang Cerpenis bercerita on 1 Maret 2009 01.06 mengatakan...

saya sih lebih suka nulis dulu di kompi dan simpan baru diposting di blog.

ukibatam on 6 Juni 2009 22.09 mengatakan...

keren bro thanks atas info nya

trick adsense on 6 Juni 2009 22.11 mengatakan...

nice post
maybe u need my article

A glimpse of Celebrity on 30 Juli 2009 23.26 mengatakan...

Bagus Boss, akan saya coba ! Saya tertarik dengan Zoundry Raven. Jika bisa offline buat blog, maka anggaran internet dapat berkurang. Lumayankan !
Thank's
dp1url$gmail.com

涼拌小黃瓜Jay on 11 Mei 2010 06.44 mengatakan...

徵信社,徵信,徵信,徵信社,外遇,尋人,徵信公司,徵信,抓姦,徵信,徵信社,徵信,抓姦,抓姦,外遇,尋人,徵信公司,徵信,徵信,徵信社,徵信社,徵信,徵信社,徵信,外遇,尋人,徵信公司,徵信社,抓姦,徵信,外遇,徵信社,,徵信,徵信社,徵信,徵信社,徵信,徵信,徵信社,徵信社,徵信,徵信社,徵信,徵信社,徵信,徵信社,徵信,外遇,尋人,徵信公司,徵信,徵信社,徵信社,徵信,錄音,背叛,商標,商標,GPS,離婚

Aqiqah on 13 Juni 2011 19.16 mengatakan...

sukses selalu dengan infonya sangat menarik sekali dan mantap.lam kenal aja kunjungan perdananya.maju terus........
Aqiqah Tangerang

Alat kesehatan on 13 Juni 2011 19.21 mengatakan...

Kunjungan pertamaku :D
Salam kenal mas..
Mohon bantuannya yahh :D
Kunjungi blog saya y:)
Alat Ukur Gula darah-Alat Cek Gula darah-Harga alat bantu pendengaran-Alat Bantu dengar-Harga Alat Bantu Dengar

Aqiqah Murah on 13 Juni 2011 19.29 mengatakan...

Terima Kasiiiiiih.. Amat Sangat Membantu Sekali!!
Semoga web/blog anda jadi lebih ramai karena berbagi ilmu..
(Ilmu yang bermanfaat)
Jasa Aqiqah- Paket Aqiqah Murah - Aqiqah Jakarta

Design Company Profile on 13 Juni 2011 19.40 mengatakan...

mampir ah.. kenalan.. sambil berharap dapat ilmu dan backlink:D

Resep Masakan on 18 Januari 2014 23.56 mengatakan...

Posting artikel yang cukup bagus mantap buat ngeblog jadi lebih hemat dan irit waktu terutama untuk blog resep masakan yang saat ini saya kelola terima kasih mas

surya maulana on 11 April 2017 19.08 mengatakan...

makasih infonya ya,


Posting Komentar

Coretan Pelajar

HOME

Translate This Page to The Following Language

 

link teman

coretan pelajar
==-A-==
anton nyoto
adi
ade fahrizal
azwar
adsens man
Antivirus Info
faisal
==-B-==
belajar SEO
blogger pengembara
budiwastono
==-C-==
==-D-==
==-E-==
erge
enduro
esa
==-F-==
fatamorgana
frizzy
==-G-==
game zone
==-H-==
hangganuarta
hanya info
hydir
==-I-==
IHPFILM
indra agustian
==-J-==
johanas
==-K-==
kumpulanbisnis
kun
==-L-==
link exchange
==-M-==
maya
maman
melandri
==-N-==
==-O-==
==-P-==
==-Q-==
==-R-==
roomen
remba
rohman
==-S-==
siais
swara unib
==-T-==
tengku nauf
==-U-==
==-V-==
==-W-==
wandi news
wawan
==-X-==
==-Y-==
yogastio
==-Z-==

recent comment

Pengikut